Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder?

Banyak yang bingung dengan baking soda dan baking powder. Jelas saja, nama-nya mirip banget. Tampilannya juga mirip. Keduanya juga punya agen ragi (leavening agents) yang hancur karena moisture dan/atau panas untuk membantu adonan bisa mengembang dengan cepat, tapi keduanya tetaplah 2 hal berbeda. Kedua bahan ketika bereaksi akan menghasilkan gas karbon dioksida untuk membantu adonan mengembang, tapi keduanya memiliki komposisi bahan kimia yang berbeda.

Baking soda berbasis alkali dengan satu bahan: natrium bikarbonat. Ketika dikombinasikan dengan bahan makanan mengandung asam/acidic (seperti buttermilk, yogurt, cokelat, jus lemon, sirup maple, sirup gula, sour cream, atau madu), baking soda menghasilkan gas karbon dioksida agar adonan mengembang. Karbon dioksida yang terperangkap akan menyelinap pelan-pelan (fizz) dan mengembang bersama dengan liquid (bukan panas) yang membantu adonan mengembang. Reaksi kimia akan dimulai segera setelah bahan-bahan basah dan kering tercampur, jadi cepet-cepet dah tuh masukin adonan ke oven, kalo gak gitu nanti jadinya gak begitu ngembang. Baking soda ini menyebar, jadi nambahin lebih banyak tidak berarti bakal lebih ngembang. Kalau kebanyakan dan tidak diimbangi dengan bahan bersifat acid, nanti rasanya ada rasa-rasa logam atau rasa sabun gitu.

Sedangkan baking powder itu gampangannya adalah baking soda yang sudah mengandung elemen asam. Asam mungkin lambat-akting, yang hanya bereaksi ketika dipanaskan, dan cepat bertindak, yang hanya bereaksi ketika basah. Baking powder tersedia baik sebagai single-acting dan bubuk double-acting. bubuk tunggal akting mencakup baik asam lambat bertindak atau asam cepat bertindak. Double-acting bubuk memiliki kedua asam dan efek mereka ikut bermain di dua tahap yang berbeda selama proses pembakaran. Reaksi pertama terjadi ketika bahan kering dan basah dicampur bersama-sama, dan mulai kedua ketika itu terkena panas. Karena itu, adonan dapat berdiri untuk sementara sebelum dipanggang.

Bila Anda menggunakan baking powder, cobalah untuk menghindari over-pencampuran adonan. Anda ingin menggabungkan bahan-bahan kering ke basah cukup tanpa membiarkan terlalu banyak gelembung melarikan diri dari campuran.


Baking soda jauh lebih kuat dari baking powder, sehingga Anda harus tiga kali lipat jumlah baking powder untuk memenuhi jumlah baking soda yang diperlukan. Anda bisa, bagaimanapun, membuat baking powder Anda sendiri di rumah, dengan menggunakan rasio 2: 1 dari cream of tartar untuk baking soda. Namun, hanya menggunakan jumlah yang tepat resep panggilan untuk. Secara umum meskipun, itu jauh lebih baik untuk menjalankan ke toko dan ambil yang benar.

Silakan di-share :D

Leave a Reply