Daftar dan penjelasan lengkap subgenre Thriller

Yay! Akhirnya saya bisa mulai berbagi sedikit pemahaman tentang penulisan di sela-sela kesibukan ini #gayatok

Kali ini yang kita bahas adalah genre. Genre apa? Gampangnya film atau karya sastra (contoh: novel).

Thriller pada dasarnya punya karakteristik secara umum seperti ini:

  • fokus pada plot
  • pace yang non-stop
  • high stakes

Kira-kira apa aja ya definisi, penjelasan, maksud, arti #halah dari berbagai macam sub-genre thriller?

Thriller
Thriller biasanya didefinisikan berdasarkan mood yang mereka usung (seperti namanya). Memiliki jalan cerita yang “sensasional dan menegangkan” serta cerita tersebut akan menghasilkan sebuah excitement yang ngeri-ngeri sedap. Karena inilah, thriller sering banget digabung dengan hampir semua genre lain. Yang di bawah ini cuma beberapa kumpulan subgenre thriller yang saya rasa menarik hehe.

Action Thriller
Ambil salah satu subgenre thriller (buat bumbu), fokuslah pada action, jadilah sudah action-thriller wkwk. Action thriller lebih sering kita jumpai di film ketimbang novel karena lebih menarik memunculkan visual dari adegan ledakan maupun kekerasan.

Conspiracy Thriller
Kalau di subgenre ini, sang protagonis bakal melawan organisasi besar dan berkuasa dimana ada hal yang janggal mengenai organisasi tersebut yang hanya bisa dirasakan oleh sang protagonis. Biasanya, sang protagonis menghadapinya sendirian.

Crime Thriller
Subgenre ini (pastinya) berfokus pada crime alias kejahatan. Biasanya sih dari sudut pandang atau point of view (POV) si kriminal. Aksi-aksi fisik dan melibatkan polisi atau detektif bakal sering terjadi, dimana polisi-polisi tersebut beradegan mengumpulkan bukti-bukti dan berusaha mengungkap identitas pelaku.

Disaster Thriller
Pada subgenre ini, (biasanya) melibatkan bencana alam. Sang antagonis biasanya akan menghentikan bencana; penyebab berlangsungnya bencana; atau hanya menyelamatkan dirinya sendiri sebelum waktunya habis dan bencana menghancurkan beliau(?).

Eco-Thriller
Pada subgenre ini sang protagonis harus menghentikan sebuah ancaman terhadap lingkungan (yang diakibatkan oleh manusia maupun terjadi secara alamiah) yang bakal berdampak besar pada masyarakat kalau dibiarkan. Dampaknya bisa skala lokal, tapi kalau skala nasional (atau seluruh dunia) bakal lebih dramatis.

Forensic Thriller
Pada subgenre ini, para protagonis adalah ilmuwan forensik yang terlibat dalam kejahatan tidak terpecahkan dan secara langsung/tidak mengancam nyawa mereka.

Legal Thriller
Subgenre ini memiliki setting tempat di dalam/sekitar pengadilan atau ruang sidang. Biasanya sang protagonis adalah seorang pengacara yang dihadapkan pada kasus yang mengancam nyawa sang pengacara maupun si klien.

Medical Thriller
Biasanya, subgenre ini adalah tentang ‘penemuan’ yang awalnya digunakan untuk medis berubah menjadi senjata mematikan. Seringkali adalah berupa virus yang bocor ke khalayak umum. Protagonis atau antagonis atau keduanya adalah dokter.

Mystery Thriller
Merupakan subgenre gabungan dari misteri dan thriller. Berbeda dari genre misteri biasa, biasanya bisa dibedakan dari pace yang lebih cepat dan protagonis ada di dalamnya, dikejar-kejar atau diancam oleh sebuah tindak kejahatan yang bagaikan bom waktu.

Political Thriller
Dalam subgenre ini, relasi politik atau seluruh pemerintahan sedang dipertaruhkan. Protagonis merupakan orang suruhan pemerintah untuk menghentikan semua kekacauan. Protagonis bisa jadi adalah karyawan biasa/bawahan sebelum akhirnya menarik perhatian banyak orang.

Psychological Thriller
Subgenre favorit. Pada subgenre ini, banyak konflik melibatkan mental, bukan fisik. Sang protagonis akan terlibat di situasi berbahaya yang mengancam kewarasan mereka. Kuat-kuatan mental deh akhirnya sama ‘musuh’ nya. ‘Perang’ bisa terjadi di dalam kepala protagonis/perang batin maupun dengan individu lain.

Religious Thriller
Subgenre ini menggunakan sejarah dan mitos-mitos yang berhubungan dengan agama maupun kepercayaan. Biasanya sih sebuah artifak religius atau rahasia bersejarah terkuak, dan beberapa kubu (orang/kelompok) berbeda akan memperebutkannya.

Romantic Thriller
Merupakan subgenre gabungan novel thriller dan romantis. Plot line biasanya sama kayak thriller-thriller lainnya (tensi, ketegangan, dan excitement), tapi elemen utamanya adalah perkembangan hubungan antara dua karakter.

Spy Thriller
Subgenre ini berfokus pada petualangan para agen rahasia. Biasanya setting tempatnya di perang-perang gitu.

Supernatural Thriller
Pada subgenre ini ada beberapa elemen yang diikutsertakan, biasanya sebagai antagonis, hanya saja plot line dan feeling nya ya masih di thriller. Beberapa karakter bisa jadi memiliki kemampuan psikis dan/atau elemen supernatural lain bisa disertakan.

Techno-Thriller
Subgenre ini merupakan ‘kawin silang’ antara Sci-Fi (science fiction) masa depan dan thriller. Teknologi termutakhir memainkan peran penting disini, baik itu sesuatu yang harus diperoleh. Bisa juga sesuatu tersebut bekerja untuk maupun melawan sang protagonis.

Nah, sampai sini dulu ya. Jenis subgenre thriller apa yang paling kamu sukai? Apa pernah nulis atau baca atau nonton thriller dengan subgenre seperti di atas? Share aja.

Saya juga bakal sangat welcome kalau ada yang mau nambahin maupun mengoreksi. :*

Arti kata kamus bahasa Indonesia yang banyak dicari

Silakan di-share :D

Leave a Reply