Definisi Mixed Reality (MR)

Mixed Reality ditengarai merupakan kategori yang mengkombinasikan seluruh bagian terbaik dari beberapa teknologi seperti JASS, Augmented Reality, Virtual Reality, Transparent Reality, dan Flat Reality.

MR: Mixed Reality.  MR berbasis pada TR, tetapi mempunyai fitur lebih banyak. MR menggunakan posisi dari kepala pengguna dan video feeds dari headset MR untuk mendapatkan posisi grafis di depan objek nyata. – pengguna menggerakkan tubuh dan kepala mereka. Objek dalam penglihatan pengguna harus dapat dikenali secara real-time, lalu grafis dapat dibentuk, diorientasikan, ditempatkan dan ditampilkan pada pengguna tanpa lag yang cukup berarti karena disebabkan oleh pergerakan pengguna. Di waktu yang sama, overlay audio – merupakan petunjuk environmental cues and alerts – harus ditempatkan secara akurat di sekitar pengguna, dimanapun kepala pengguna aktif.

Microsoft’s Hololens Developer Edition  [photo: Microsoft]
Microsoft’s Hololens Developer Edition [photo: Microsoft]
Orkestrasi sempit dari sensor, komunikasi dan komputasi dari MR sangat sulit, sekalipun menggunakan today’s state-of-the-art technology terbaik. Yang terbaik dari headset MR generasi pertama berasal dari perusahaan seperti Microsoft dan DAQRI, masih besar dan mahal. Google telah berivestasi pada Magic Leap untuk teknologi sejenis. Namun, pada persaingan teknologi baru menunjukkan hal tersebut dapat dilakukan, dan sistem akan lebih murah, lebih kecil, dan lebih cerdas dari waktu ke waktu.

DAQRI’s sensor-studded industrial MR helmet [photo: TIRIAS Research]
DAQRI’s sensor-studded industrial MR helmet [photo: TIRIAS Research]
Silakan di-share :D

Leave a Reply