Konsep Dasar Augmented Reality dan Virtual Reality

Facebook, yang juga pemilik Oculus memulai pengiriman dari headset RIFT VR milik mereka, dalam banyak hal, ini menandai awal dari penggunaan VR oleh konsumen. Beberapa waktu yang lalu TIRIAS Research melakukan penelitian tentang product landscape VR dan augmented reality (AR). TIRIAS mengambil langkah dan melihat dinamika AR dan VR di pasaran.

Istilah virtual reality pertama kali diaplikasikan untuk komputer dan dikembangkan pada tahun 1960an dan dipublikasikan pada tahun 1980. Setidaknya banyak mengerti konsep dari “dunia virtual”. Bagaimanapun, teknisi ahli di masa kini telah menciptakan potensi-potensi baru untuk metode VR dalam rana AR dan yang terbaru, mixed reality (MR). Pada intinya, AR, VR dan MR menghasilkan model 3D di komputer dan menampilkannya pada pengguna dalam berbagai cara dan dapat mengantar mereka ke rana yang lebih luas, meskipun mungkin mereka hanya berputar dan melihat dari sisi yang berbeda.

diagram-perbandingan-ar-vr

Tantangannya adalah AR dan MR merupakan sesuatu yang sangat baru, dimana beberapa orang dapat menerima definisi singkat dari apa yang dimaksudkan oleh AR dan MR atau bagaimana keduanya berbeda dengan VR. Penyedia keperluan, konten dan layanan seringkali menggunakan AR dan MR secara bergantian, yang artinya pengguna juga dibuat bingung apa maksud dari keduanya.

Silakan di-share :D

Leave a Reply