Apa itu Kopi Cold Brew?

Kopi Cold Brew – Apakah Sama Dengan Kopi Dingin yang Dicampur Es Batu?

Sejatinya, kopi ya memang disajikan dalam keadaan panas. Namun, bukan tidak mungkin kopi dalam keadaan dingin tidak menarik. Kopi Cold Brew adalah salah satu buktinya. Kopi dalam keadaan dingin, nyatanya lebih nikmat untuk Anda minum. Paling tidak, pendapat ini disampaikan oleh beberapa orang.

Yang penulis maksud bukanlah kopi dingin biasa. Kopi Cold Brew namanya, ini sangat jauh berbeda bila Anda membandingkannya dengan kopi dingin yang dicampurkan dengan es batu semata. Kopi ini melalui proses yang lumayan memakan waktu. Kurang lebih, menciptakan kopi Cold Brew memerlukan 24 jam perendaman dalam air dengan temperatur khusus lebih dulu.

Nick Duckworth, seorang barista kopi asal Australia bilang, “Cold Brew adalah kopi dengan kekuatan lebih dahsyat dibandingkan es kopi biasa.”

Masih banyak orang yang bingung akan perbedaan kopi dingin biasa, dengan kopi yang disajikan dengan proses Cold Brew. Tentu saja, dari harganya pun dapat terlihat dengan jelas. Kopi dingin biasa relatif lebih murah, sedangkan Cold Brew, akan jauh lebih mahal. Dari harga, terlihat perbedaan yang mencolok dan memang menentukan kualitas.

Mungkin yang jadi pertanyaan Anda sekarang adalah, apakah kandungan kafein kopi dingin biasa dengan kopi dingin dengan sajian Cold Brew berbeda? Mari bahas di bawah.

Kandungan Kafein di Dalam Kopi Cold Brew

Bahkan, kandungan kafein Cold Brew kopi jauh lebih tinggi dibandingkan kopi panas, lho! Tapi, pendapat ini akan dipatahkan pada beberapa kedai kopi. Sebenarnya, kandungan kafein di dalam kopi Cold Brew tergantung dari barista pembuatnya. Jadi, bisa dibilang, kandungan kafein dalam kopi jenis ini masih bisa ditakar sesuai dengan apa yang pemesan inginkan. Sebagai contoh, Anda pun bisa memesan kopi ini dengan kadar kafein lebih dari kadar normal. Pun, Anda juga bisa memesan kopi ini dengan kandungan kafein yang tidak ada sama sekali.

Kenapa bisa begitu?

Ini karena proses pembuatannya yang direndam di dalam air temperatur khusus, kafein dalam kopi akan tercampur dan menghilang. Setelahnya, ekstrak concentrate kafein bisa ditambahkan oleh bartender sesuai keinginan pemesan.

Anyways, apakah Anda sudah pernah mencoba kopi Cold Brew?

Arti kata kamus bahasa Indonesia yang banyak dicari

Silakan di-share :D

Leave a Reply