Definisi Keju Gouda

Keju Gouda?

Membuat keju gouda diperlukan jenis susu berkualitas tinggi yang fresh dengan tekstur kental dan rasa manis alami serta gurih. Untuk membuat 1 kilogram keju gouda diperlukan 10 liter susu.

Sebelum masuk ke pemberian rennet, literan susu akan mengalami masa pasteurisasi. Caranya adalah dengan memanaskan serta mengaduk susu dalam suhu 70 hingga 75 derajat Celsius untuk menghilangkan bakteri dalam susu murni. Kalau tidak dipasteurisasi, susu akan sulit menjadi keju karena proses fermentasinya terhambat.

Setelah itu, keju difermentasi. Fermentasi keju merupakan proses paling penting dan paling fatal, karena kalau fermentasi gagal, ya keju gagal terbentuk. Fermentasi selesai, susu diberi rennet dan garam sebagai pengawet. Itulah mengapa keju selalu memiliki rasa asin.

Selanjutnya keju gouda jika belum padat (masih bertekstur sedikit lembut), dipadatkan dulu dalam tempat khusus bersuhu 13-17 derajat Celsius. Setelah itu akan masuk proses pematangan (rijpende kaas) dan diklasifikasikan berdasar lamanya penyimpanan.

Semakin tua keju gouda, semakin mahal harganya. Klasifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Young cheese : 4 minggu
  • Young matured : 8-10 minggu
  • Matured : 16-18 minggu
  • Extra-matured : 7-8 minggu
  • Old cheese : 10-12 minggu
  • Very old cheese : lebih dari 1 tahun

Semakin tua umur keju gouda, rasanya semakin manis dan crunchy. Hal ini disebabkan karena cheese crystal yang baru muncul setelah bulan ke-10.

Arti kata kamus bahasa Indonesia yang banyak dicari

Silakan di-share :D

Leave a Reply